Kejadian 14:1-24
Abram mengalahkan raja-raja di Timur dan menolong Lot
14:1 Pada zaman Amrafel, raja Sinear,
Ariokh, raja Elasar, Kedorlaomer,
raja Elam,
dan Tideal, raja Goyim, terjadilah,
14:2 bahwa raja-raja ini berperang melawan Bera, raja Sodom, Birsya, raja Gomora, Syinab, raja Adma, Syemeber, raja Zeboim
dan raja negeri Bela, yakni negeri Zoar.
14:3 Raja-raja yang disebut terakhir ini semuanya bersekutu dan datang ke lembah Sidim,
yakni Laut Asin.
14:4 Dua belas tahun lamanya mereka takluk kepada Kedorlaomer,
tetapi dalam tahun yang ketiga belas mereka memberontak.
14:5 Dalam tahun yang keempat belas datanglah Kedorlaomer
serta raja-raja yang bersama-sama dengan dia, lalu mereka mengalahkan orang Refaim
di Asyterot-Karnaim, orang Zuzim di Ham, orang Emim
di Syawe-Kiryataim
14:6 dan orang Hori
di pegunungan mereka yang bernama Seir,
sampai ke El-Paran
di tepi padang gurun.
14:7 Sesudah itu baliklah mereka dan sampai ke En-Mispat, yakni Kadesh,
dan mengalahkan seluruh daerah orang Amalek,
dan juga orang Amori,
yang diam di Hazezon-Tamar.
14:8 Lalu keluarlah raja negeri Sodom, raja negeri Gomora,
raja negeri Adma, raja negeri Zeboim
dan raja negeri Bela, yakni negeri Zoar,
dan mengatur barisan perangnya melawan mereka di lembah Sidim,
14:9 melawan Kedorlaomer,
raja Elam,
Tideal, raja Goyim, Amrafel, raja Sinear, dan Ariokh, raja Elasar, empat raja lawan lima.
14:10 Di lembah Sidim
itu di mana-mana ada sumur aspal.
Ketika raja Sodom dan raja Gomora
melarikan diri, jatuhlah mereka ke dalamnya, dan orang-orang yang masih tinggal hidup melarikan diri ke pegunungan.
14:11 Segala harta benda
Sodom dan Gomora beserta segala bahan makanan dirampas musuh, lalu mereka pergi.
14:12 Juga Lot,
anak saudara Abram, beserta harta bendanya, dibawa musuh, lalu mereka pergi--sebab Lot itu diam di Sodom.
14:13 Kemudian datanglah seorang pelarian dan menceritakan hal ini kepada Abram, orang Ibrani
itu
1 , yang tinggal dekat pohon-pohon tarbantin kepunyaan Mamre,
orang Amori itu, saudara Eskol
dan Aner, yakni teman-teman sekutu Abram.
14:14 Ketika Abram mendengar, bahwa anak saudaranya
tertawan, maka dikerahkannyalah orang-orangnya yang terlatih,
yakni mereka yang lahir di rumahnya,
tiga ratus delapan belas orang
2 banyaknya, lalu mengejar musuh sampai ke Dan.
14:15 Dan pada waktu malam berbagilah mereka,
ia dan hamba-hambanya itu, untuk melawan musuh; mereka mengalahkan dan mengejar musuh sampai ke Hoba di sebelah utara Damsyik.
14:16 Dibawanyalah kembali
segala harta benda
itu; juga Lot, anak saudaranya itu, serta harta bendanya dibawanya kembali, demikian juga perempuan-perempuan dan orang-orangnya.
Pertemuan Abram dengan Melkisedek
14:17 Setelah Abram kembali dari mengalahkan Kedorlaomer
dan para raja yang bersama-sama dengan dia, maka keluarlah raja Sodom
menyongsong dia ke lembah Syawe, yakni Lembah Raja.
14:18 Melkisedek,
raja Salem
3 ,
membawa roti
dan anggur;
ia seorang imam Allah Yang Mahatinggi.
14:19 Lalu ia memberkati Abram,
katanya: "Diberkatilah kiranya Abram oleh Allah Yang Mahatinggi,
Pencipta langit dan bumi,
14:20 dan terpujilah Allah Yang Mahatinggi,
yang telah menyerahkan musuhmu ke tanganmu." Lalu Abram memberikan kepadanya sepersepuluh dari semuanya
4 .
14:21 Berkatalah raja Sodom
itu kepada Abram: "Berikanlah kepadaku orang-orang itu, dan ambillah untukmu harta benda
itu."
14:22 Tetapi kata Abram kepada raja negeri Sodom
itu: "Aku bersumpah
demi TUHAN, Allah Yang Mahatinggi,
Pencipta langit dan bumi:
14:23 Aku tidak akan mengambil apa-apa dari kepunyaanmu
5 itu, sepotong benang atau tali kasutpun tidak, supaya engkau jangan dapat berkata: Aku telah membuat Abram menjadi kaya.
14:24 Kalau aku, jangan sekali-kali! Hanya apa yang telah dimakan oleh bujang-bujang ini dan juga bagian orang-orang yang pergi bersama-sama dengan aku, yakni Aner, Eskol dan Mamre,
biarlah mereka itu mengambil bagiannya masing-masing."
Kejadian 15:3
15:3 Lagi kata Abram: "Engkau tidak memberikan kepadaku keturunan, sehingga seorang hambaku
nanti menjadi ahli warisku."
Kejadian 32:29
32:29 Bertanyalah Yakub: "Katakanlah juga namamu.
" Tetapi sahutnya: "Mengapa engkau menanyakan namaku?
" Lalu diberkatinyalah
Yakub di situ
6 .
Yudas 1:6
1:6 Dan bahwa Ia menahan malaikat-malaikat
7 yang tidak taat pada batas-batas kekuasaan mereka, tetapi yang meninggalkan tempat kediaman mereka, dengan belenggu abadi di dalam dunia kekelaman sampai penghakiman pada hari besar,
Yudas 1:17
Nasihat-nasihat untuk meneguhkan iman
1:17 Tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, ingatlah akan apa yang dahulu telah dikatakan
kepada kamu oleh rasul-rasul
Tuhan kita, Yesus Kristus.
Amsal 30:4
30:4 Siapakah yang naik
ke sorga lalu turun? Siapakah yang telah mengumpulkan angin dalam genggamnya?
Siapakah yang telah membungkus air
dengan kain?
Siapakah yang telah menetapkan segala ujung bumi? Siapa namanya
dan siapa nama anaknya? Engkau tentu tahu!
Yesaya 7:14
7:14 Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda:
Sesungguhnya, seorang perempuan muda
mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki,
dan ia akan menamakan Dia Imanuel
8 .
Yesaya 9:6
9:6 (9-5) Sebab seorang anak telah lahir
untuk kita
9 , seorang putera telah diberikan
untuk kita; lambang pemerintahan
ada di atas bahunya,
dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib,
Allah yang Perkasa,
Bapa
yang Kekal,
Raja Damai.
Yeremia 23:6
23:6 Dalam zamannya Yehuda akan dibebaskan, dan Israel akan hidup dengan tenteram;
dan inilah namanya
yang diberikan orang kepadanya: TUHAN--keadilan kita.
Matius 1:21
1:21 Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus
10 ,
karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa
mereka."
Matius 1:23
1:23 "Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki
11 , dan mereka akan menamakan Dia Imanuel
" --yang berarti: Allah menyertai kita.
1 Full Life: ABRAM, ORANG IBRANI ITU.
Nas : Kej 14:13
Istilah "Ibrani" mungkin pada mulanya menunjuk kepada orang yang
mengembara; kemudian istilah ini secara khusus menunjuk kepada Abraham dan
keturunannya (bd. Kel 3:18; 5:3).
2 Full Life: MAKA DIKERAHKANNYALAH ... TIGA RATUS DELAPAN BELAS ORANG.
Nas : Kej 14:14
Abram tidak mengembara seorang diri, tetapi seorang pemimpin kaya
dari sebuah suku besar. Tiga ratus delapan belas orang terlatihnya
menunjukkan bahwa kelompoknya mungkin terdiri atas sekitar 1000 orang.
3 Full Life: MELKISEDEK, RAJA SALEM.
Nas : Kej 14:18
Melkisedek (artinya "raja kebenaran") menjadi baik "raja Salem"
(mungkin Yerusalem kuno) maupun "imam Allah yang Mahatinggi." Ia melayani
Allah yang esa dan benar, seperti Abram. Melkisedek adalah seorang Kanaan,
jadi, seperti Ayub, adalah teladan orang bukan-Israel yang saleh.
Melkisedek merupakan lambang atau gambaran dari pangkat raja dan keimaman
abadi Yesus Kristus (bd. Mazm 110:4;
lihat cat. --> Ibr 7:1;
lihat cat. --> Ibr 7:3).
[atau ref. Ibr 7:1,3]
4 Full Life: MEMBERIKAN KEPADANYA SEPERSEPULUH DARI SEMUANYA.
Nas : Kej 14:20
Abram memberikan kepada Melkisedek sepersepuluh dari barang rampasan
yang diperolehnya (bd. Ibr 7:4) sebagai ungkapan syukur atas
pertolongan dan kasih karunia Allah. Inilah untuk pertama kalinya
persepuluhan disebut dalam Alkitab.
5 Full Life: AKU TIDAK AKAN MENGAMBIL APA-APA DARI KEPUNYAANMU.
Nas : Kej 14:23
Penolakan Abram untuk menerima kekayaan orang Kanaan menunjukkan
ketergantungannya kepada Allah dan berkat-berkat-Nya saja (ayat
Kej 14:9;
lihat cat. --> Mat 14:19).
[atau ref. Mat 14:19]
6 Full Life: DIBERKATINYALAH YAKUB DI SITU.
Nas : Kej 32:29
Pergumulan Yakub dengan Allah sepanjang malam berakibat berkat Allah
dalam hidupnya.
- 1) Sejak saat itu, Yakub tahu bahwa hidup dan kesejahteraannya tidak
tergantung pada akalnya tetapi pada pertolongan, bimbingan, dan berkat
Allah. Kemudian hari Allah mengingatkan keturunan Israel akan kebenaran
ini, "Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan
dengan Roh-Ku, firman TUHAN semesta alam" (Za 4:6).
- 2) Kemenangan dan berkat dalam kehidupan seluruh umat Allah diperoleh
dengan cara yang sama. Sekalipun kita mungkin tidak bergumul secara
jasmaniah dengan Allah, kita dapat mencari Dia dengan sungguh-sungguh
dan dengan gigih di dalam doa (Luk 11:5-10), mengakui dosa-dosa kita
dan memohon pengampunan-Nya (Luk 11:4), lapar dan dahaga akan
kerajaan-Nya dan kehadiran-Nya (Luk 11:2), merindukan realitas dan
kuasa Roh Kudus (Kis 1:8; 2:4), dan mengejar hidup beriman yang
sejati dan kebenaran (Mat 6:30-33).
7 Full Life: MALAIKAT-MALAIKAT.
Nas : Yud 1:6
Yudas menunjuk kepada para malaikat yang tidak tinggal di dalam
kedudukan kekuasaan seperti semula, tetapi memberontak terhadap Allah,
melanggar hukum-Nya dan yang kini terpenjara sambil menunggu penghakiman.
Akan tetapi, tidak semua malaikat terjatuh itu terpenjara, karena Iblis dan
banyak setan berkeliaran di bumi saat ini
(lihat cat. --> 2Pet 2:4;
lihat cat. --> 1Yoh 5:19).
[atau ref. 2Pet 2:4; 1Yoh 5:19]
8 Full Life: SEORANG PEREMPUAN MUDA MENGANDUNG ... IMANUEL.
Nas : Yes 7:14
"Perempuan muda" (juga diterjemahkan "perawan"; bah. Ibr. _almah_)
dapat berarti "perawan" atau "seorang wanita muda sebelum nikah".
- 1) Penerapan langsung tanda ini ialah pada seorang pengantin perempuan
baru yang masih perawan hingga saat pernikahannya. Sebelum anaknya cukup
besar untuk mengetahui perbedaan di antara baik dengan buruk, raja-raja
Aram dan Israel akan binasa (ayat Yes 7:16).
- 2) Penggenapan akhir nubuat ini terjadi dalam kelahiran Yesus Kristus
oleh perawan Maria (Mat 1:23). Maria adalah perawan dan tetap
perawan hingga Yesus lahir (Mat 1:18,25). Maria hamil secara ajaib
oleh Roh Kudus dan bukan oleh seorang laki-laki
(lihat cat. --> Mat 1:16;
lihat cat. --> Mat 1:23;
lihat cat. --> Luk 1:35).
[atau ref. Mat 1:16,23; Luk 1:35]
- 3) Putra sang perawan akan diberi nama "Imanuel", yaitu "Allah
menyertai kita" (Mat 1:23); nama tersebut memperoleh arti yang lebih
dalam ketika Anak Tunggal Allah sendiri datang ke dalam dunia (bd.
Yoh 3:16).
9 Full Life: SEORANG ANAK TELAH LAHIR UNTUK KITA.
Nas : Yes 9:5
Ayat ini menubuatkan kelahiran Mesias, Yesus Kristus (juga
lihat cat. --> Yes 7:14).
[atau ref. Yes 7:14]
Kelahiran-Nya akan terjadi pada saat dan di tempat tertentu di dalam
sejarah, dan Anak Mesianis ini akan lahir dengan cara yang unik dan
menakjubkan. Yesaya mencatat empat nama yang akan menandai tugas-Nya selaku
Mesias.
- 1) Penasihat Ajaib. Mesias sendiri akan menjadi keajaiban adikodrati
(kata Ibr. _pele'_ hanya dipakai untuk Allah, tidak pernah untuk manusia
atau pekerjaannya; bd. Yes 28:29); Ia akan menunjukkan sifat-Nya
melalui semua perbuatan dan mukjizat-Nya. Penasihat Ajaib ini akan
merupakan penjelmaan hikmat sempurna dan mempunyai kata-kata hidup
kekal; selaku Penasihat, Ia akan menyingkapkan rencana keselamatan
sempurna (bd. pasal Yes 11:1-16).
- 2) Allah yang Perkasa. Di dalam Mesias seluruh kepenuhan ke-Allahan
akan berdiam secara jasmaniah (Kol 2:9; bd. Yoh 1:1,14).
- 3) Bapa yang Kekal. Ia bukan hanya datang untuk memperkenalkan Bapa
sorgawi, tetapi Ia sendiri akan bertindak terhadap umat-Nya secara kekal
bagaikan seorang Bapa penuh belas kasihan yang mengasihi, melindungi,
dan menyediakan kebutuhan anak-anak-Nya (bd. Mazm 103:13).
- 4) Raja Damai. Pemerintahan-Nya akan membawa damai dengan Allah bagi
umat manusia melalui pembebasan dari dosa dan kematian (Yes 11:6-9;
bd. Rom 5:1; 8:2).
10 Full Life: YESUS.
Nas : Mat 1:21
Yesus adalah padanan Yunani untuk kata Ibrani _Yeshua_ (Yosua) yang
artinya "Tuhan menyelamatkan". Nama ini melukiskan tugas putra Maria ini
pada masa yang akan datang. Yesus sebagai Juruselamat "akan menyelamatkan
umat-Nya dari dosa mereka". Dosa merupakan musuh terbesar umat manusia
karena merusak jiwa dan kehidupan kita. Melalui kematian Yesus yang
mendamaikan dan kuasa Roh Kudus yang menguduskan, mereka yang berbalik
kepada Yesus akan dibebaskan dari kesalahan dan perbudakan kepada dosa
(lih. Yoh 8:31-36; Kis 26:18; pasal Rom 6:1-23; 8:1-16).
11 Full Life: ANAK DARA ... MELAHIRKAN SEORANG ANAK LAKI-LAKI.
Nas : Mat 1:23
Baik Matius maupun Lukas setuju bahwa Yesus Kristus dikandung oleh
Roh Kudus (ayat Mat 1:18; Luk 1:34-35) dan lahir dari seorang perawan
tanpa campur tangan seorang ayah manusia. Sudah bertahun-tahun doktrin
kelahiran Yesus dari seorang perawan ini disanggah oleh para teolog
liberal. Akan tetapi, tidak dapat disangkal bahwa nabi Yesaya sudah
bernubuat tentang seorang anak yang lahir dari seorang perawan, anak yang
akan dinamakan "_Imanuel_", suatu istilah Ibrani yang berarti "Allah
menyertai kita" (Yes 7:14). Nubuat ini sudah disampaikan sekitar 700
tahun sebelum Yesus dilahirkan.
- 1) Istilah "anak dara" (perawan) dalam Mat 1:23 ini merupakan
padanan yang tepat dari istilah Yunani _parthenos_ yang terdapat dalam
versi Septuaginta di Yes 7:14. Kata anak dara dalam bahasa Ibrani
(_almah_) yang dipakai oleh Yesaya menunjuk kepada seorang gadis yang
sudah cukup umur untuk menikah dan dalam PL tidak pernah dipakai untuk
gadis yang tidak perawan lagi (bd. Kej 24:43; Kid 1:3; 6:8). Dengan
demikian, Yesaya dalam PL dan Matius serta Lukas dalam PB sama-sama
menyatakan bahwa ibu Yesus adalah seorang perawan (Yes 7:14).
- 2) Pentingnya kelahiran dari seorang perawan tidak dapat
dititikberatkan secukupnya. Agar Sang Penebus dapat memenuhi syarat
untuk menanggung hukuman karena dosa kita dan membawa keselamatan, maka
di dalam dirinya Ia harus sepenuhnya manusia, tidak berdosa dan
sepenuhnya ilahi (Ibr 7:25-26). Kelahiran Yesus dari seorang
perawan memenuhi ketiga syarat ini.
- (a) Satu-satunya cara Yesus dapat lahir sebagai manusia ialah dengan
lahir dari seorang wanita.
- (b) Satu-satunya cara Ia dapat lahir tanpa dosa ialah dengan cara
dikandung oleh Roh Kudus (Mat 1:20; bd. Ibr 4:15).
- (c) Satu-satunya cara Ia dapat sepenuhnya Ilahi adalah dengan Allah
sendiri selaku Bapa-Nya. Oleh karena itu Yesus tidak dikandung
secara alamiah, melainkan secara adikodrati, "anak yang akan
kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah" (Luk 1:35).
Karena itu Yesus Kristus dinyatakan kepada kita sebagai satu pribadi
ilahi dengan dua tabiat -- ilahi dan manusiawi tanpa dosa.
- 3) Dengan hidup dan menderita selaku manusia, Yesus turut merasakan
kelemahan kita (Ibr 4:15-16). Sebagai Anak Allah yang ilahi, Ia
berkuasa untuk melepaskan kita dari perbudakan dosa dan kuasa Iblis
(Kis 26:18; Kol 2:15; Ibr 2:14; 4:14-16; 7:25). Sebagai ilahi dan
manusiawi, Ia memenuhi syarat untuk menjadi korban karena dosa setiap
orang, dan menjadi Imam Besar yang memohon syafaat untuk semua orang
yang datang kepada Allah (Ibr 2:9-18; 5:1-9; 7:24-28; 10:4-12).